Kamis, 14 Februari 2013

PELATIHAN KEPEMIMPINAN

Ahad, 10 Februari 2013

By Dinni Syafriyuni.blogspot.com



~* السلام عليكم ورحمت الله وبركا ته *~


❀ Yuph, semangaaat pagi sahabat semua, =^_^= itulah spirit yang di ungkapkan oleh MOT (Master Of Traning) saat acara berlangsung meski pada malam hari tetep semangaaatnya pagi. ❀


Apa kabar sahabat Blogger semua ??? sudah lama Dinni ❀ nggak Publish Tulisan. Mohon Maaf sahabat dikarnakan Dinni FINAL jadi focus ke 1 titik dulu hhhheeee dan dikarnakan ada tugas mendadak yang diberikan Dosen jadi ya harus dikerjakan.tapi tentunya belajar bukan system SKS ya (Sistem Kebut semalam) =^_^= . . . ! ! !



Setiap orang memilih jalan Belajarnya masing-masing ada yang model belajarnya Otodidak ataupun memilih sarana Pelatihan keilmuan yang ada. ❀


Inilah dia, Acara “Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa” DM(Daurah Marhalah) 1. Dengan Tema : “Muslim Negarawan sebagai Spirit Kebangkitan Bangsa” ketua umum KAMMI Komisariat Aceh Tengah = oleh Herman (yang sebelumnya di Ketuai oleh ihsan Urka). Dalam acara pembukaan, Pak Herman mengungkapkan ‘’semoga menjadi Generasi Rabbani yang Tangguh dan mandiri sebagai penerus Risalah Dakwah’


Acaranya di Aula SKB (Sanggar Kegiatan belajar) Lukup Badak Kecamatan Pegasing Kabupaten Aceh Tengah. Pada tanggal 10 – 12 Februari 2013 (minggu s/d selasa). Ketua Panitianya = Irwanto Wawan, SE (wah KETUPATnya udah sarjana ternyata, Luarrr biasa) . . . ! ! !

Oke cemoen to the point aja nih, sebelum kami memasuki materi awal kami di ikat dulu dengan KONTRAK BELAJARnya artinya, Wajibun mematuhi peraturan alias tata tertib selama kegiatan berlangsung, wah banyak ada 15 point nih. Ketik nggak ya??? Ketik aja daaah berbagi itu kereeeen =^_^=

1. Masuk ruangan sesuai kesepakatan

2. Memakai pakaian Resmi dan sopan

3. Memakai sepatu dan memakai Bet

4. Menghapal surat An Naba, Ayat 1 – 20

5. Shalat 5 waktu berjama`ah

6. Shalat Dhuha setiap hari

7. Qiyamul lail

8. Tilawah ½ Juz perhari

9. Bersikap sopan santun

10. Apabila keluar ruangan minta izin sama Instruktur

11. Peserta harus berani bertanya dan berpendapat

12. Ucapkan salam ketika bertanya dan berkomentar

13. Tidak memakai Jilbab Kaus bagi Akhwat

14. Tidak merokok

15. Menonaktifkan di Ruangan.

Note ***Peraturan ini berlaku untuk Instruktur, Peserta, Panitia, dan MOT. Jika melanggar Wajib di I`QOB (funismen) 1 Menit sebanyak (5 x iqob).


❀ Asiiik banged kan,? artinya kita dilatih untuk Disiplin dalam setiap keadaan. Mungkin peraturan ini kelihatan kecil. Siiiph, memang awal semua dimulai dari HAL yang paling kecil sampai menuju ke Public nantinya. ALLAHU AKBAR . . . ! ! ! ♥


Target Ruhiyanya :

Shalat berjama’ah : 5x / hari

Shalat Duha : Setiap hari

Qiyamul Lail : Setiap malam

Tilawah Qur’an : ½ juz / hari

Al Ma’tsurat : 2x / hari

Riyadhoh : setiap pagi.

Pagi hari nya tepat pukul 07.00 Wib. kami Riyadhah di Lapangan alam dengan cuaca yang COOL abieeest with Pak KURNIA JP (Pendiri TRC ”Teman Radix Center”, Dokter Herbalis Muslim) dengan Game yang sangat menantang dan menggali potensi kami, nama gamenya “KPK” (Kembangkan Potensi Kita) hahaaaa kayak Pemberantas Korupsi aja ya….!!!!! *Kreatif kreatif sekali ya… !!!!

dengan 3 kata KUNCI : Kunci pertama : Aku Yakin aku Bisa, Kunci Kedua : Aku mampu aku biasa, Kunci Ketiga : Aku Bisa Aku Luarrr biasa. Dengan 3 kata kunci ini maka masing2 kami sesama kelompok, kelompok Dinni “Hamasah” dan lawan kelompok kami “Syamil” kami disuruh untuk memperagakan berbagai Gaya Style yang pastinya ada maknanya selama 1 detik berfikir langsung Action. ^^ sungguh menantang bukan ??? Lucu2nya ada yang gayanya “Selebritis, Petinju, Demo, Baris-berbaris, gaya bebas, Fashion Show, etc.”

dan juga Pak JP bertanya kepada kami tentang “Mana yang utama NIAT atau Skill?? Dan berapa persen masing2” Satu persatu kami untuk menjawab pertanyaan itu, hingga giliran Dinni saya berfikir bahwasanya “Niat itu yang paling utama apapuUun yang terjadi, Inna ma a`malu bin niat” lalu Dinni menjawab “NIat 99% dan Skill 1%. yang lain pada jawab Niat 4% skill 1% etc. Alhamdulillah jawaban Dinni bener dan setelah Din menjawab baru 2 Temen disamping Din , menjawab juga katanya bukan ikut2an tapi memang itu jawabannya mrk menjawab “Niat 99%” alhamdulilllah jadi Akhirnya kami ber3 yang jawabannya bener hheeeeee ikhwannya kalah. Maaf bukan bermaksud Sombong =^_^= agar kita bisa Petik dan jadikan sebagai Ibrah.

Dalam pelatihan kepemimpinan ini, kita dibekali materi2 yang sangat Inspiratif dan Full Hikmah yaitu :

1. Materi = “Islamisasi Pengetahuan” oleh kak Zainatun, S.Pd.I (mengetahui pengetahuan tentang Din Islam) tempat = in door.

2. Materi = “Syahadat tain sbg titik Tolak Perubahan” oleh Ihsan Urka (menguatkan keimanan kita yang telah tertanam) tempat = out door.

3. Materi = “Syumuliyatul Islam” oleh Pak Hazairin Zulfanedi, ST. (mengetahui tentang kesempurnaan Islam)

4. Materi = “Pemuda dan Perubahan Sosial” oleh Pak Bardan Saidi (Anggota DPRK Aceh Tengah) ketua Komisi bid.pendidikan. (Pemuda sbg Agent of change bisa memanajemenkan segala sesuatu dan Melakukan perubahan dimuka bumi dalam menegakkan Din Islam)

5. Materi = “Manajemen Organisasi” oleh kak Rahmadiah. (mengatur segala sesuatu yang belum teratur dan mewujudkan Tujuan dengan cara Action Action dan Action ookeee)

6. Materi = “Problematika Ummat Kontemporer (Qadhaya al ummah)” oleh Kak Nikmah kurnia sari, SH. (mengetahui realita Problematika masyarakat dan peran strategis sebagai pemuda muslim dalam mengatasi Problematika itu)

7. Materi = “ke-KAMMI-an dan Manajemen Aksi” oleh Juanto. Asal BM (Ketua KAMMI Malang) = (tentang sejarah KAMMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia) yang muncul dengan menawarkan solusi dan perubahan yang ditandai dengan reformasi yang hingga saat ini masih berusaha berbenah dan Aksi sebagai salah satu bentuk penyuaraan aspirasi, + tata cara Persiapan, Perangkat, sebelum Aksi dan bentuk2 Aksi).

Dan saya menanyakan kepada Ketua KAMMI Malang “Juanto” KAMMI lahir di UMM (Univ. Muhammadiyah Malang) bagaimana tentang pergerakan Aksi, etc. di Malang dan Muslim Negarawan seperti apa yang diinginkan dll??? dan beliau menjawab bahwa Pergerakan Aksinya sesuai dengan AD ART nya dan disana masalah HIJAB yang paling utama karna umur2 anak kul yang baru masuk kul sangat mudah terjangkit oleh virus VMJ dan panggilan yang khas disana yaitu : “Akhi dan Ukhti”.


Luarrrrrrr biasa ternyata KETUA KAMMI MALANG berasal dari daerah kita juga ‘‘GAYO’’ BM.

☆ Setelah Teori selama 2 hari ½ Full ba`da Asharnya kami Action Orasi, tempatnya = out door. SeruUu Abieeest. =^_^= . . . ! ! ! nah, ini nih yang menantang dan membakar mental. Sebelum Action ☆ di Luar lapangan kami mempersiapkan Pamlet dan Poster yang ingin di Demokan ‘‘kata2 yang ingin di Apresiasikan”

Dan kami diPilih oleh Pak Ihsan Urka untuk diamanahin dalam Demo ntar, Oratornya = Alhadi. Koord, Aksi = Darmawan dan Dinni Syafriyuni (Ane) sebagai Negoisasinya alias yang merundingkan permasalahan Isu dengan Bupatinya. (ibarat saling tarik menarik dalam menyuarakan Isu + Apresiasi, kalau kita nggak kuat memahami ISUnya mau kita yang ditariknya kedalam Tehniknya, jadi kita harus bener2 faham dalam memahami Isu yang akan di Demokan). Waaah pokoknya MENANTANG ABIEEEESSSSST,,, =^_^= . . . ! ! !

Peran pak Bupatinya = Isyukuri Nikmat (Ketua Departemen Kebijakan Publik). Ketika kami berDemo, kami disirami dengan Air dan dilempari Tepung oleh Staf2 yang bekerja dilapangan (habis pada kotor hhee en tidak boleh di bersihkan) trus ternyata para2 Satpol PP, Polisi, etc kuat2 + tahan banting beneeerrr euy, kami hampir aja pasrah. sampai2 akhirnya kami mendorong mereka ynag mencoba menghalangi Pintu masuk (uUups tapi HIJAB tetep terjaga ya, number one) dengan serbuan luar biasa kami tetap semangat Bangun lagiii. akhirnya Alhamdulillah kami bisa masuk juga karna Bupati nggak mau keluar2.

Dan akhirnya Acara pun Usai. penutupan Acara ini kami menulis Biodata dan Evaluasi para MOT, Panitia dan Instruktur. Dan di bagikan Sertifikat, Pin, dan Stiker KAMMI. ♥ Juga Dokumentasi alias Foto2 sbg kenang-kenangan. ALLAHU AKBAR…. !!!!!! ♥

❀ Salam muslim Negarawan. =^_^= . . . ! ! ! ❀

Semoga bermanfaat bagi kita semuanya ❀ mohon maaf jika ada salah Kata semoga menjadi catatan pembaharuan. kepada ALLAH kita mohon Ampun. Akhirul kalam, Tinggalin Comentar ya sahabat semua. Wasallamu`alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

By ~> Dinni Syafriyuni (STAIN GAJAH PUTIH TAKENGON,Jurusan Tarbiyah, Prodi Bahasa Arab)

# dinnisyafriyuni.blogspot.com

=^_^= … ! ! !

~*♥ دني شفريوني ♥*~



Tidak ada komentar:

Posting Komentar