Minggu, 09 Februari 2014

Sekolah Menulis

~*  ƸӜƷ بِسْــــــــــــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم     ƸӜƷ  *~
~*   السلام عليكم ورحمت الله وبركا ته  *~
Sekolah Pelatihan Menulis
Oleh : Dinni Syafriyuni
        
Semangaaat pagi sobat blogger semua.. !!! udah lama bangedh ya Blog ini vakum dari postingan tulisan dikarenakan beberapa bulan yang lalu, Blog kesayangan Dinni ini tidak bisa dilogin akunnya (*pihak google minta kode verifikasi dari kartu yang lama, WadoOo kartu lama mah udah terblokir mana bisa aktif lagi ckckckck...gaswat kan?  o_O

Tapi Alhamdulillah, ada Master Blogger, luas wawasan yang udah berpengalaman mengatasi trouble ini, temen ane yang sangat jago IT dan katanya lagi tak bisa jauh dari internet ini yang membantu + perbaiki nih blog... !!!
ß úüÏJn=»yèø9$#Å_Uu š ¬!ôJysø9$#
Semoga ilmu yang disampaikan akan dibalas berlipat ganda oleh ALLAH SWT. Aamiin.

Oke,, hari ini Dinni pengen berbagi Inspirasi yang sangat disayangkan sekali jika Dinni menyimpannya sendiri, (*Sampaikan apa yang kita ketahui walau satu Ayat). Dengan menyempatkan waktu untuk menuangkan kata-kata yang berseliweran dikepala ini. Dan mohon Do`anya kepada sobat blogger untuk kita tetap eksis menulis meskipun Dinni akan menghadapi KPM (Kuliah Pengabdian Masyarakat) di 4 titik kabupaten (*tempat masih belum ditentukan dimana, Do`akan yang terbaik ya, mulai tanggal 10 s.d 15 Feb 2014 Tes uji kompetensi dan berangkat tanggal, 24 Feb 2014 s.d 24 April 2014. Dinni yakin, ditempatkan dimana saja, itulah yang terbaik buat Dinni... !!!


Dengan sepenuh hati Din katakan bahwa tulisan ini sangat jauh dari kesempurnaan. yang Din butuhkan komentar temen-temen terhadap tulisan ini ya ... ?  monggo langsung bilang aja mah kekurangannya. Ditunggu komentarnya dibawah tulisan. J  Matur Nuwun (y)

Hari ini, Sabtu, 08 Februari 2014, KAMMI KOMSAT ACEH TENGAH devisi Humas ketua kak Yusnidar,S.Pd. mengadakan “Sekolah Menulis” tempat di Hotel Darussalam, Jl. Lintang. Takengon, Aceh Tengah, Aceh. dalam sambutannya kak yus memaparkan harapan untuk acara ini “agar para peserta

Semangat menulis tampak pada wajah-wajah yang hadir dalam pelatihan menulis ini, yang terdiri dari 3 Laki-laki (Hidayat, Sayid Mahbengi, Teguh Ruhdi)  dan 7 Perempuan (Dinni, wahyuni, araini, icut rukini, kasmawati, bunge, nurlaili). Meskipun orangnya Cuma sedikit hanya 10 orang namun, semangat tak pernah pudar untuk trus belajar, belajar dan belajar... !!!

=^_^= ... !!!  Dunia menulis memang sangat menyenangkan. Apalagi jika dilandaskan dengan hobi kita menulis, Waaah makin Asyik nih... Sambil menuangkan apresiasi, memberi informasi dan bermain kata-kata.

Setelah ditunggu-tunggu akhirnya pematerinya datang, Din seperti udah pernah mengenal nama bapak ini sebelumnya di jejaring sosial, blogger etc. Pernah bapak ini mengundang Din dalam acara “ngobrolin buku di jalan 1001” tapi pada saat itu Din nggak bisa hadir, dan menambahkan Dinni di Grup komunitas “booklicioso” etc.

Padahal sebelumnya tidak saling mengenal, Wallahu a`lam bishawab.  Semua tergantung dengan niat, yuUuk o_O mareee jadikan Jejaring sosial kita untuk ajang silaturrahim.

 Ayah dari 3 orang anak ini dan 1 istri = Ibu Hefa Liza Yanti, bekerja di Mahkamah Syari`ah (*paparnya nggak dibalik ya bisa berabe jadinya). Bpk. SAYID FADHIL ASQAR, S.TP. Biografi singkat seorang Penulis, Trainer di BNA, Penyiar Radio, dan sangat luas wawasan dan penyampaian materi disertai ice breaking membuat suasana cair tidak tegang,, yang begini nih yang kereeen, penyampaian tidak monoton disertai canda-tawa dan nyanyian bapak sayid yang creative abiiieeezZzT..!!! memberikan materi tentang menulis.

Bapak Sayid asli aceh pesisir, Aceh besar dan selamat dari Tsunami Aceh 2014 lalu, membuatnya menjadi cambuk besar dalam menjalani hidup lebih bermakna melalui tulisan. pak Fadhil adalah Panggilan kesenangan bapak ini, sedangkan sayid itu adalah nama warisan alias keturunan keluarga. (y)

Ohyaaa Website pak fadhil ini ada 2 yang pertama : “ngobrolin buku.blogspot.com, & yang ke2 “catatan trainer nasi bungkus.blogspot.com”

Beliau mengatakan bahwa “Tulislah apa yang membuat kalian menarik, pilih satu bidang dan serius dibidang itu, jangan pernah berhenti untuk menulis. Bagi saya harta yang paling penting selain keluarga adalah : Buku. Menjadi seorang penulis tentunya tak lepas dari bacaan-bacaan buku.

Ohya humor alias ice breaking lagi yang disampaikan bapak fadhil, cara mengkombinasikan lagu dengan cara plesetan tujuannya untuk menghibur peserta.  (*wah, disini harus dengar langsung nih, maaf susah juga jika ditulis)

Beliau menanyakan kepada peserta “Berapa banyak buku yang ada dirumah kalian, selain buku pelajaran, e-book? ada yang menjawab   20 pak, 15 pak etc. & Berapa banyak buku yang anda habiskan selama sebulan ada nggak yang menghabiskan 3 buku?  (*peserta terdiam tanpa kata) ... !!!  Wah, Bagaimana kita mau menulis jika bacaan kita kurang, jangan menulis dalam keadaan kosong tak ada isinya.. tapi nggak papa tetap semangat dalam menulis !!!

Tuing tuing tuing (bunyi suara jam)... Saatnya untuk ISHOMA dulu ntar jam 13.00 kembali lagi di tempat ya? Siiiph pak !!!

Kami diberi tugas untuk menuliskan knowlegde tentang Presiden yang terlupakan  namanya “Sjafuddin Prawiranegara” setelah ISHOMA baru  dibacakan satu-satu. setelah itu dikoreksi oleh bpk. Sayid Fadhil Asqar .
Pak Fadhil bertanya : “Tunjuk anak laki-lakinya, siapa namanya? (tanya pak fadhil)  “sayid mahbengi” pak,  wah nama kita sama ya???  Kalau saya sayid itu “Warisan”  sedangkan kamu ? jawab sayid mahbengi “nama sendiri pak diberikan ortu bukan warisan.”

oke yang mau saya tanyakan adalah Bagaimana caranya kamu ingin PDKT dengan seorang cewe? Apa yang harus kamu lakuin?
jawab si sayid mahbengi : cari data pak, cari tau alamatnya, kerjanya apa, ortunya siapa, dll pak. Naaaaaaaaah bener bangedh... !!! begitu juga dengan menulis kita harus punya BAHAN, DATA, jika tidak ya ribet juga tuh urusannya apa yang mau dituangkan lewat tulisan ya kan .. !!!

Adapun koleksi buku yang dibawa bpk. fadhil ketika training :
*Saksikan Aku Seorang Muslim (Salim A.Fillah)
*Dalam dekapan ukhwah
*Sudahkah kita berdakwah
*Sudahkah anda tarbiyah?
*Mengambil keputusan besar (Anis Matta, LC)
*Revolusi Dunia

Ah, yang paling nyebelin jika di facebook kita jumpain status ALAY. “4h c4p3k d3h m0 ng4p41n y4?  81nggung n3h hhheeeee :D  Puyeeeng nggak kepala nih jadinya? itulah yang sering saya jumpain kata bapak Fadhil, terus 1 lagi paling “Gx tao mau buat status apa?”

Nah, yang kayak gini nih, bikin Galau yang baca, tau jejaring sosial kan? Ribuan mata lho yang lihat, Indah sangat jika kita menuliskan status/postingan yang bermanfaat untuk orang lain, karena tulisan itu akan tetap tertinggal menjadi kenangan banyak orang. Ingat jika tu status bermanfaat.!!!

Dengan gesture dan style bahasa yang ringan dan mudah dipahami pak fadhil menyampaikan lagi bahwa “Tulisan lebih kuat daripada berbicara, karna tulisan bisa di Akses kembali”


Tips menulis harus ada :
*Tema/judul
*Pembukaan >>> kesannya harus menarik
*Konflik
*Anti Klimaks
*Penutup

Ayo mari kata pak fadhil “Perbanyaklah membaca apa saja mulai dari melihat, mendengar,membaca dan menyimak, maka lama-lama gaya sendiri akan nongol “

Sobat mencari spesialis itu susah nggak sih ?
*Tulislah tentang bidang yang kalian tahu
*Cobalah buat suatu tulisan yang eblum pernah ditulis orang.

Ice breakingnya, kalian lebih cendrung otak mana kiri/kanan, ditanya 1per-satu deh, kalo Din jawab ya otak kanan, karena Din sangat menghargai cita rasa warna, melakukan pendataan lewat kamera, etc. kalo yang kiri (bermain logika-logis). Nah 1 pertanyaan lagi : “kalo Arsitek gunain otak kanan/kiri? ? ? yang lain jawab kanan ada yang kiri yang bener adalah jawaban Arsitektur itu pake otak kanan dan kiri >>> konteks fungsi tubuh.

Ada 2 makanan tradisional gayo nggak suka jika makannya berlebihan papar pak Fadhil, yang pertama “Masam jing (terlalu banyak daun gegarangnya dan yang ke 2 Jengkol, peteh, baunya saya tidak tahan. kalo nggak SUKA jangan dipaksa dong, ntar berabe tuh urusannya ujar pak sayid).

Ohyaaa mengenai tulisan karya sendiri, sebelum pelatihan udah diingatkan juga sih. kalau bisa bawa tulisan, namun tadi hanya 1 orang yang ngumpul tulisan yaitu : hanya Ane sendiri. hheee

kata pak Fadhil tulisannya ntar dikoreksi dirumah bersama istri saya karena istri saya unggul dibidang EYD nya. ntar hasilnya via e-mail / sms aja ntar.

WadoOo penasaran tingkat nelangsa stadium 4 neeeh jadinya,, =^_^= Apa ya kira-kira komentar ibu hefa liza yanti yang geulis pisan euy  (*istri pak fadhil) hheee apapun komentarnya meskipun itu rasanya pahit, manis, asem, asin rame rasanya... (*wah kayak rasa bombon aja nih xixixi) Akan Dinni terima dengan hati terbuka, karena Din sangat haus dengan para commentator tentang tulisan maupun style bahasa yang Din tuangkan + sangat suka di kritik (*sebagai bahan pembelajaran euy.com)

Oke sobat ku semua, Alhamdulillah, malam ini Din berhasil nulis 1 cerita, semoga ada manfaatnya. Aamiin ya Rabb.


Tinggalin comment nya ya  =^_^= ... !!!


By ~> Dinni Syafriyuni (STAIN GAJAH PUTIH TAKENGON,Jurusan Tarbiyah,  Prodi Bahasa Arab)
# dinnisyafriyuni.blogspot.com
=^_^= …  ! ! !
  دني شفريوني

2 komentar: