Sabtu, 06 Agustus 2016

Hati-hati penipuan

( ・ิω・ิ)
┌( ಠ_ಠ)┘
🍃دني شفريوني 🍃

#LatePost

Jum'at, 05 Agustus 2016

Semalam, tepat pukul 21:30 WIB. Ada nomor masuk dari 08127270xxxx. Mengucapkan selamat karena terpilih salah satu pemenang undian dari BANK BRI. Dan menyuruh ke ATM sekarang juga untuk mengambil hadiah. Anehnya, jika dapat hadiah nggak harus langsung ambil kan, bisa besok pun. Lagian sudah larut malam.

Dimana pun kita berada memang selalu harus berhati-hati. Apalagi ini zaman cyber teknologi. Semua bisa diakses dimedia.

Saya pura-pura aja tidak tahu.
Padahal belum buka buku di BRI kok bisa dapat ya, apa rezeki? Kebetulan lagi membutuhkan uang juga hehe. Tutur bahasanya meyakinkan dan bersumpah pun pakai nama Allah. Siapapun mungkin akan tergiur dengan bahasanya.
Apakah ini disebut hipnotis via handphone ? Ekstrim abiss. Soalnya Ruqyah pun bisa via telp kan.

Saya ikutin saja permainannya, besok saja saya ambil hadiahnya ya. Katanya tidak bisa harus malam ini. Kalau tidak percaya lihat aja besok pagi acaranya di Global TV jam 07.00 WIB tegasnya.

Hmm, Ya sudah akhirnya, nomor undian pun dibatalin untuk jadi pemenangnya. Karena, saya tidak mengikuti intruksi selanjutnya.

Saya pun penasaran untuk memastikan apakah ini hanya modus, keesok harinya lihat tayangan di TV dan waktu yang udah ditentukan. Haha, saudara-saudari tahu apa? Ternyata, Film kartun bergambar kuda. Bener-bener ini hanya modus penipuan. 😀 

Segala puji bagi Tuhan semesta alam masih melindungi kita dimana pun kita berada. Sekarang nomornya setiap dihubungi selalu nggak mau tersambung. Mungkin sudah diblokirnya kali ya. 

Kebetulan kawan pun ada yang bekerja di BRI Yulius Sapria mengatakan "nggak ada. BRI nggak pernah ngadain undian yang sifatnya tidak resmi.
Namanya juga penipuan, modusnya banyak."

Trus beberapa temen-temen pun menanggapi pernah ngalamin hal serupa sempat hangus juga uangnya. Berikut pengalamannya dan sudah izin untuk di share. Sudah saya edit, karena bahasa SMS maklum kita. Kondisipun malam hhee.
Terimakasih sahabat sudah berbagi cerita. Semoga menjadi pembelajaran bersama.

✔ Rahmawati Amah
"Kejadiannya pada tahun 2013. Pas hari itu kebetulan aq kerja din jadi di ATM ada saldo. Pas pulang kerja aku di telpon terus dia ngomong "Bu, selamat kami dari Telkomsel nomor hp ibu dah terdaftar di note kami bahwa pemakai yang setia ini lah itu lah. Terus dia suruh aq cek ke ATM,  sesampai di ATM aku kan masih telpon terus dia mau nungguin dari rumh aq bilg jauh ke ATM katanya nggak apa-apa di tunggu saja jangan dimatikan telponnya.

Dan suruh tekan di layar monitor ada pilihan menu laimnya. Aq tekan trus ada pilihan lagi pembayaran aq tekan terus pokok nya pande kali dia kotak katik din sampe ujung-ujung nya aq dah lakuin semua apa yang dia suruh. Selanjutnya, penipu mengatakan: "Terimakasih ibu selamat ibu berhasil. Nanti dalam waktu 5 menit silahkan cek saldonya akan bertambah. Ternyata setelah di cek saldo, sisa uang ku 50 ribu lagi din. Aq teriak dan nangis sampai di marahin sama suami aq din. Ya ALLAH sedih kali din pas saat itu. Jahat kali orang tu kata-katanya meyakin kan x din."

✔ K Afri Zahara 
"Itu penipuan dek, mana ada pihak BANK kerja malam-malam"

✔ Diana Syahputri
"Pengalaman kawan yang juga katanya telpon itu dari bank mandiri dan setau adek dari googling di internet, mereka akan nelpon dengan mengatakan dapat undian, padahal kita nggak pernah buka tabungan di bank tsb. Terus dia suruh ke ATM, telpon hidup, masukkan pin dan dia suruh cek saldo, abis tu masukkan 6 digit no telpon dia ke pin pengganti. Nah, dia udah tersambung otomatis melalui aplikasi peretas ATM, hacker aktifasi, dia udah ngendaliin ATM kita, berapa pun isi dalam ATM tsb akan diambil oleh dia, dan kemudian dia bisa kapan saja ambil isi ATM kita walaupun kita udah ganti kartu. Jadi itu semua penipuan. Mau undian apapun itu, nggak usah percaya, kecuali kita memang ada ikut undian tsb."

✔ Bang Iwan Bahagia
"Itu salah satu bentuk penipuan. Setiap baru isi pulsa. Entah kenapa sehari bisa masuk 2 - 3 kali sms modus penipuan. Kakakmu sering hapus. Abang sengaja nggak hapus, biar dihitung berapa sebulan. Mungkin sms ke nomor abg bisa sampai 10 lebih. Padahal abang sering isi ulang di Grapari telkomsel atau di ATM.
Beberapa hari yang lalu ada masuk sms silahkan kirim duit."

✔ Rahmadhani
"Kawan adek tu udah pergi pun ke BANK kak. Dia nggak sadar apa yang dilakuinnya. Pas kali dia jumpa sama kawannya di ATM, dikejutinnya akhirnya sadar".

✔ Sahlaini Fadhilah
"Udah banyak kali korban yang Dila temui, termasuk Dila juga pernah di tipu.
Kalau dia mau kasih hadiah resmi kita nggak perlu ke ATM. Hati-hati hipnotis by phone. Dia mendesak kita terus. nanti dikuras isi rek kita
Blokir aja nomer hp nya."

✔ Munawwarah Ruslan
"Mama adek juga udah pernah kenak.
Tapi, dicegah Abi dan abi yang bicara. Memang benar bohong
Teman Abi kenak tipu semua uang di ATM ludess
Ya sekarang orang mah pada berani semua demi uang.
Kalo dipikir-pikir ngapain coba kita ke ATM kalau memang hadiah kita ya dikirim aja ke no rek kita."

✔ K Asmaul Husna
"Hati-hati dek, bisa jadi itu penipuan
Kalau benar-benar menang undian atau apa, pasti pemberitahuannya lebih resmi, kayak surat resmi, dll
nggak mungkin malam-malam. Biasalah, tukang tipu, segala cara."

✔ Aji Lapiziddin
"Hahaha, kawan ada tu di transfernya hilang 500rb. 
Pagi baru sadar dia."

Terimakasih sekali lagi manteman dan saudara-saudari. Semoga ceritanya menginspirasi pembaca dan menjadi pengingat diri khususnya.

#Dinni Syafriyuni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar